Peringatan Hari Jantung Sedunia dan Pentingnya Perawatan Jantung Sejak Dini

Izi Health | 29 Sep 2021

29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia. Temukan sejarah dari peringatan ini sekaligus temukan pentingnya perawatan kesehatan jantung sejak dini...

Sejarah Peringatan Hari Jantung sedunia

Setiap tanggal 29 September, seluruh dunia merayakan World Heart Day atau Hari Jantung Sedunia.

Hari Jantung Sedunia diinisiasi oleh World Heart Federation (WHF) yang hingga kini terus didukung oleh organisasi seperti World Health Organization dan UNESCO. Peringatan ini digelar karena penyakit kardiovaskular menjadi faktor penyebab terbesar kematian di dunia. Dan berdasarkan statistik, penyakit ini merenggut hingga 17.9 nyawa setiap tahunnya.

Lewat peringatan ini, WHF mengajak semua lapisan masyarakat di dunia untuk menghindari rokok, alkohol, dan pola makan buruk dan beralih ke pola hidup sehat untuk kesehatan jantung seperti rajin berolahraga, cek darah rutin, serta mengelola stres dengan baik untuk mencegah kematian dini.

Tema berbeda setiap tahunnya

Tahun ini, peringatan Hari Jantung Sedunia pada 29 September 2021 mengangkat tema “Use Heart to Connect” yang juga diangkat secara global. Pemilihan tema ini ditujukan untuk mengingatkan pentingnya menggunakan pengetahuan kasih sayang dan peran tiap individu untuk memastikan bahwa setiap orang berhak memiliki kesempatan yang terbaik untuk memiliki jantung yang sehat, dengan teknologi, semua orang dapat saling terhubung sehingga memungkinkan untuk berbagi informasi dan edukasi sehingga dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi dari sebelumnya.

Baca juga: Mengenal Penyakit Jantung dan Penanganan Pertama Pada Pasien Serangan Jantung

Mengapa perlu merawat jantung sejak dini?

Jantung adalah organ yang sangat penting dalam tubuh manusia yang tak pernah berhenti bekerja atau nonstop. Jantung bekerja memompa darah untuk memenuhi kebutuhan Oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh lainnya.

Ukurannya memang hanya sebesar kepalan tangan manusia, namun bila tak berfungsi dengan baik, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah kematian.

Penyakit kelainan jantung tak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak bahkan bayi juga memiliki potensi yang tinggi terkena Penyakit kelainan jantung.

Ada beberapa macam penyakit jantung:

  • Penyakit jantung koroner
  • Serangan jantung
  • Aritmia
  • Kardiomiopati
  • Gagal jantung
  • Penyakit jantung bawaan yang terjadi sejak lahir

Untuk menghindari sederet penyakit mematikan ini, perlu merawat jantung sejak dini untuk mendeteksi gangguan pada jantung.

Selain untuk mendapatkan diagnosa, pemeriksaan jantung juga dapat mengukur risiko seseorang terkena penyakit jantung sebelum gejalanya muncul.


BERI KOMENTAR