Daftar Nomor Telepon Darurat di Indonesia  

Izi Health | 14 Oct 2021

Indonesia juga memiliki nomor telepon darurat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu, pastikan memiliki dan menyimpan nomor-nomor darurat di Indonesia ini di ponsel kamu ya...

Lewat berbagai film, kita bisa dengan mudah mengetahui bahwa ada nomor darurat Amerika Serikat yang mudah sekali untuk dihubungi bila warga membutuhkan bantuan.

Di Amerika Serikat sendiri, nomor darurat 911 dibuat satu jalur. Nomor darurat Amerika Serikat ini disebut nomor telepon universal karena dapat melayani laporan masyarakat dalam kondisi darurat apapun agar lebih memudahkan masyarakat saat membutuhkan bantuan darurat.

Nomor darurat umumnya dibuat singkat, hanya terdiri dari tiga atau empat digit angka untuk mempermudah warga dalam mengingat dan menghubungi dengan cepat.

Memang, nomor telepon darurat sangat penting untuk diketahui dan disimpan oleh masyarakat, sehingga, bila sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat di sekitarnya, dapat ditangani dengan lebih cepat dan resiko korban materi dan jiwa dapat diminimalisir.

Sayang, masih banyak warga yang abai dan merasa tidak membutuhkan nomor tersebut. Akibatnya, saat terjadi keadaan darurat, penanganan korban oleh petugas yang berwajib menjadi lebih lambat.

Kondisi darurat yang dimaksud meliputi kebakaran, berhubungan dengan penyakit, berhubungan dengan pencurian, bencana alam, kecelakaan dan lain-lain.

Nomor telepon darurat di Indonesia

Indonesia juga memiliki nomor telepon darurat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu. Bedanya, nomor telepon darurat di Indonesia belum satu jalur dan masih berbeda-beda untuk tiap jasa penanganan keadaan darurat.

Untuk itu, pastikan memiliki dan menyimpan nomor-nomor darurat di Indonesia ini di ponsel kamu ya:

  • Ambulans: Secara umum bisa dihubungi ke 118 / 119. Namun, Khusus untuk provinsi DKI Jakarta, bisa juga dihubungi ke nomor 021-65303118
  • Pemadam Kebakaran: 113
  • Polisi: 110
  • Posko bencana alam: 129
  • Posko Kewaspadaan Nasional: 122
  • Informasi dan perbaikan kerusakan dan gangguan listrik: 123
  • SAR/BASARNAS: 115
  • Panggilan Darurat: 112
  • Hotline Covid-19: 119
  • Sentra Informasi Keracunan BPOM: 1500-533
  • Palang Merah Indonesia: (021) 7992325

Etika menghubungi nomor telepon darurat

Nomor telepon darurat suatu negara disiapkan untuk berjaga-jaga dalam memberi bantuan jasa sesuai bidangnya masing-masing. Sayangnya, sering disalahgunakan atau diisengin oleh warga yang tak bertanggungjawab.

Untuk itu, perhatikan beberapa etika menghubungi nomor telepon darurat di bawah ini:

  • Hindari membuat nomor telepon darurat menjadi bahan iseng atau sekedar bermain
  • Hubungi bila sedang berada dalam kondisi darurat dan BENAR-BENAR MEMBUTUHKAN
  • Ada sanksi bagi warga menghubungi nomor telepon darurat tidak sesuai tempatnya

Sanksi bagi mereka yang melakukan panggilan iseng ke nomor darurat

Setelah meluncurkan layanan masyarakat melalui call center 110, seluruh warga dapat melaporkan peristiwa kecelakaan sampai tindakan kriminal yang terjadi. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa warga dilarang menelepon hanya karena iseng.

Sebanyak 10- operator akan melayani pelaporan yang masuk ke 110 selama 24 jam. Pusat pelayanan Polri 110 langsung dihubungkan dengan seluruh Polres, Polresta, Polda, Puskodalops, dan piket Polisi dan udara (khusus untuk antisipasi perompakan di laut) di seluruh Indonesia.

Nomor telepon warga akan dilacak oleh Polisi jika laporan tidak terbukti. Laporan juga akan terekam pada sistem komputer. Targetnya, petugas akan tiba di lokasi yang dilaporkan sekitar 5-10 menit sejak laporan diterma.

Tak hanya laporan masyarakat iseng, polisi yang melakukan pembiaran terhadap laporan tersebut juga dapat diketahui melalui sistem.

Sebagai sanksi untuk warga yang melakukan panggilan iseng, berpotensi langsung diblokir.

Sebanyak 39.840 nomor seluler diblokir oleh Kepolisia Daerah Sumatera Utara karena menggunakan layanan panggilan darurat 110 tidak pada tempatnya. Dan sebanyak 1.012 nomor melakukan tindakan prank atau iseng dalam satu bulan sejak diluncurkannya program tersebut.

Perlu diketahui, warga yang melakukan tindakan iseng terhadap layanan panggilan darurat 110 sebanyak tiga kali, akan terblokir secara otomatis dana tidak akan bisa menghubungi call center 110 sampai kapanpun.

Bila hal ini terjadi, yang dirugikan tentu warga itu sendiri karena tidak akan bisa mendapatkan bantuan secepatnya bila keadaan darurat sesungguhnya tiba-tiba menimpa.

Jadi, gunakan dan hubungi dengan bijak semua nomor darurat Indonesia di atas, ya!


BERI KOMENTAR