Intip Benda-benda WAJIB Ada Dalam Kotak P3K dan Fungsinya...

Izi Health | 18 Oct 2021

Ini beberapa benda yang WAJIB ada dalam kotak P3K dan fungsinya...

Kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) adalah kotak atau lemari berisi sederet benda-benda medis yang wajib disiapkan di rumah atau di lokasi-lokasi umum lainnya sebagai upaya pertolongan dan perawatan pertama dan sementara pada kecelakaan agar korban tetap berada dalam kondisi baik sebelum mendapatkan pertolongan lebih lanjut dari Dokter.

  • Meringankan rasa sakit pada korban
  • Mencegah luka/cedera semakin parah
  • Mencegah pendarahan,
  • Mempertahankan daya tahan korban

Keberadaan kotak atau lemari P3K ini sangat vital di sebuah tempat, oleh sebab itu, umumnya kotak P3K disimpan di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau untuk mempermudah pengambilan bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Karena pada dasarnya kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja dan di mana saja.

Lalu apa saja isi kotak P3K?

Isi kotak P3K dan fungsinya:

1. Cairan pembersih tangan

Cairan pembersih tangan memiliki fungsi untuk membersihkan tangan dari bakteri sebelum melakukan tindakan pertolongan pada korban kecelakaan. Cairan ini disiapkan sebagai alternatif untuk mencuci tangan bila tidak ditemukan sumber air bersih terdekat.

Kamu bisa lihat contoh kasus ini dalam film World War Z ketika Gerry Lane yang diperankan oleh Brad Pitt membantu Segen yang diperankan oleh Daniella Kertesz untuk memutus penularan virus setelah sebelumnya Segen terkena gigitan Zombi di bagian tangan.

Saat itu, di dalam pesawat, Gerry melakukan sterilisasi tangan dengan menggunakan cairan pembersih tangan lalu diikuti tahapan penanganan luka pada Segen.

2. Sarung tangan steril

Benda ini dibutuhkan untuk mencegah tercampurnya bakteri atau virus ketika kamu sedang memberikan perawatan pada korban. Fungsi lainnya adalah untuk mencegah terjadinya infeksi silang dan penularan kuman dari dan ke pemberi bantuan.

Upayakan untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai atau disposible yang terbuat dari latex atau karet alami. Umumnya, sarung tangan jenis ini pulalah yang sering digunakan Dokter untuk memeriksa pasien, kebutuhan laboratorium, operasi kecil, kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan-kebutuhan medis lainnya.

3. Kasa steril

Usai membersihkan dan mengobati sebuah luka, kamu akan membutuhkan kasa steril untuk menutup luka yang telah dibersihkan tersebut. Pastikan benda ini juga selalu ada dalam kotak P3K kamu ya.

4. Perban dan perekat

Perban digunakan untuk menutup luka. Namun karena sifatnya tidak lengket, perban membutuhkan perekat untuk menutup luka secara sempurna. Perlu diketahui pula bahwa tidak semua jenis luka diberikan perban. Pastikan luka atau cedera yang akan kamu obati apakah sesuai untuk diberi perban atau tidak.

5. Obat-obatan

Obat-obatan seperti obat diare, antihistamin untuk alergi, larutan oralit, obat luka bakar, obat tetes mata, obat lebam, Paracetamol, serta ibuprofen juga penting untuk selalu ada dalam kotak P3K mu.

Luka bakar yang tidak ditangani secara langsung berpotensi menjadi infeksi. Begitu juga dengan diare yang bila dibiarkan tanpa penanganan dapat menyebabkan penderita mengalami dehidrasi.

6. Salep antibiotik

Untuk membantu memerangi luka dan menyembuhkan dalam jangka waktu yang cukup cepat, Salep antibiotik dianjurkan selalu ada dalam kotak P3K

7. Buku panduan

Setiap obat memiliki porsi yang tepat untuk diberikan pada penderita. Meski terkesan remeh, buku panduan juga tentu sangat membantu bagi seseorang yang baru pertama kali memberikan penanganan pada korban luka.

Adanya buku panduan penggunaan obat-obatan dalam kotak P3K tidak hanya bermanfaat untuk membantu pemberi bantuan dalam meminimalisir kesalahan, tapi juga menyelamatkan korban dengan memberikan porsi obat yang sesuai dengan kondisi luka korban.  

Pastikan kotak P3K selalu ada di rumah dan kendaraanmu, ya!


BERI KOMENTAR