Ilustrasi minum air putih di pagi hari | Sumber foto: svetlanasokolova via Freepik

Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari

Izi Health | 25 Apr 2022

Agar lebih mudah, kamu bisa membawa satu gelas air minum dan meletakkannya di sisi tempat tidur kamu, sehingga ketika pagi tiba, kamu bisa mengonsumsinya pertama kali alih-alih harus terdistraksi aktivitas lain yang malah bikin lupa minum di begitu bangun pagi

Ketika tidur, otot-otot tubuh akan berisitirahat untuk mengembalikan energi sekaligus melakukan detoksifikasi atau proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh lalu melakukan sejumlah pergantian sel dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 9 jam per harinya. Selama proses istirahat ini, tubuh akan berhenti melakukan sejumlah kegiatan termasuk minum. Sementara, proses bernafas masih terus berlangsung, akibatnya tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Kebutuhan air putih harian orang dewasa

Menurut kemkes.go.id, takaran normal air putih bagi orang dewasa adalah sekitar delapan gelas berukuran 230ml per hari atau setara dengan total 2 liter. Namun, selain dengan mengonsumsi air putih secara langsung, cairan juga masih bisa kita dapatkan lewat konsumsi makanan setiap hari termasuk buah dan menu makanan lainnya.

Bila kebutuhan air harian ini tak terpenuhi, dampak jangka pendeknya adalah haus, kerongkongan terasa kering, pusing, lemas dan tidak fokus. Jangka panjangnya, sering dehidrasi bisa berpotensi timbulnya penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Jadi memang, meski kebutuhan 8 gelas setiap hari sering dianggap enteng untuk dikonsumsi, faktanya masih banyak orang yang belum sanggup memenuhi.

Manfaat minum air putih di pagi hari

Untuk bisa mencapai kebutuhan air putih harian sebanyak 8 gelas setiap hari, dibutuhkan langkah awal dengan mengonsumsinya sejak bangun tidur. Selain untuk pemenuhan kebutuhan, dan menghilangkan rasa dahaga, mengonsumsi air putih setelah bangun tidur juga memiliki sejumlah manfaat, seperti:

Membantu membersihkan usus dan mempermudah buang air besar

Mengonsumsi air putih saat perut kosong di pagi hari akan membantu mempermudah tubuh membersihkan area usus termasuk mengatur saluran pencernaan.

Hal yang sama berlaku pula bagi kamu yang mengalami sembelit. Kamu bisa mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup untuk membantu membersihkan limbah di dalam usus sehingga proses buang air besar jadi jauh lebih lancar.

Mempercepat metabolisme hingga membantu mengontrol berat badan

Meminum air putih di pagi hari juga membantu mempercepat metabolisme dalam tubuh. Dilansir dari jub.jhu.edu, air minum disebut dapat merangsang produksi panas di dalam tubuh terutama saat dingin.

Dalam kondisi dingin, tubuh harus mengeluarkan energi untuk menghangatkan cairan ke suhu tubuh. Semakin banyak energi yang dikeluarkan oleh tubuh, maka semakin cepat pula proses metabolisme tubuh terjadi. Jadi ya, dengan proses metabolisme yang terjadi, secara otomatis, kalori di dalam tubuh juga ikut terbakar yang berdampak baik pada kontrol hingga mengurangi berat badan.

Meningkatkan fokus di pagi hari

Salah satu brand minuman air mineral dalam kemasan mengaitkan konsumsi air putih dengan fokus dan kosentrasi dalam salah satu iklannya.

Ketika baru bangun tidur, terjadi sleep inertia, proses transisi antara tidur dengan bangun yang membuat kamu akan merasa sedikit pusing, masih mengantuk tapi tetap harus terjaga sehingga mengalami penurunan ketangkasan motorik.

Jurnal American College of Nutrition tahun 2012 menyebutkan bahwa dehidrasi ringan mengurangi 2% tingkat konsentrasi dan perhatian seseorang. Minum air putih di pagi hari akan membantu kadar air dan Oksigen dalam darah kembali naik sehingga asupan Oksigen tercukupi dan otak terbantu lebih konsentrasi.

Untuk lebih mempermudah, kamu bisa membawa satu gelas air minum dan meletakkannya di sisi tempat tidur kamu, sehingga ketika pagi tiba, kamu bisa mengonsumsinya pertama kali alih-alih harus terdistraksi aktivitas lain yang malah bikin lupa minum di begitu bangun pagi.


BERI KOMENTAR