Ilustrasi begadang di malam hari karena bekerja | Sumber foto: Drazen Zigic via Freepik

Tips Tetap Sehat Saat Banyak Begadang

Izi Health | 22 May 2022

Meski sebetulnya dianjurkan untuk dihindari, tak bisa dipungkiri dalam kondisi tertentu begandang harus kita lakoni. Berikut adalah tips agar tetap sehat saat banyak begadang...

Untuk beberapa kegiatan yang membutuhkan waktu kerja lebih banyak dan lebih cepat, tak sedikit orang memilih begadang demi mengejar selesainya tugas tersebut. 

Contoh kelompok masyarakat yang suka begadang mudah terlihat pada orangtua yang baru saja melahirkan, mahasiswa-mahasiswi yang sedang diburu skripsi. Aktivitas begadang juga akan kita temukan di kelompok pekerja lintas profesi yang mengejar deadline atau petugas dengan shift malam hari. 

Lainnya lagi, ada pula yang memutuskan begadang untuk sekedar nongkrong bareng teman atau memang memiliki masalah tidur seperti insomnia. 

Mengenal begadang

Begadang atau bergadang adalah kegiatan terjaga di malam hari karena hal tertentu. 

Waktu tidur yang baik berbeda-beda sesuai kategori usia di bawah ini:

  • Remaja usia 14-17 tahun: 8-10 jam per hari
  • Dewasa muda usia 18-25 tahun: 7-9 jam per hari
  • Dewasa usia 26-64 tahun: 7-9 jam per hari
  • Lansia usia di atas 65 tahun: 7-8 jam per hari

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang sehat dan bugar di keesokan harinya, dianjurkan tidur sebelum jam 11 malam karena 90 menit sebelum larut malam merupakan fase optimal untuk tubuh mengisi staminanya kembali. 

Dan mereka yang begadang akan melewatkan fase optimal tersebut untuk menyelesaikan urusannya masing-masing. 

Dampak begadang

Selain menyebabkan kantuk dan kelelahan, dampak begadang juga akan membuat fungsi kognitif kamu menurun seperti sulit berkonsentrasi dan kehilangan fokus yang pada akhirnya mempertaruhkan pekerjaan yang sedang kamu perjuangkan pula. 

Bila terjadi secara berkelanjutan, dampak negatif terlalu sering begadang juga akan berpengaruh pada emosi dan psikologis seseorang. 

Dilansir dari p2ptm.kemkes.go.id berdasarkan sebuah hasil study di Spanyol, kamu yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki kemungkinan lebih besar terserang penyakit kardiovaskular daripada mereka yang tidur 7-8 jam per hari. 

Tips sehat dan bugar saat banyak begadang

Meski sebetulnya dianjurkan untuk dihindari, tak bisa dipungkiri dalam kondisi tertentu begandang harus kita lakoni. 

Berikut adalah tips agar tetap sehat saat banyak begadang:

Meluangkan waktu untuk tidur siang

Usai menghabiskan malam dengan begadang, bila memungkinkan, luangkan waktu untuk mendapatkan tidur siang sekitar 20-30 menit. 

Meluangkan waktu untuk tidur siang usai begadang bermanfaat untuk menghilangkan rasa lelah dan kantuk yang menyerang saat beraktivitas. Tidur siang juga akan membantumu lebih konsentrasi dan fokus untuk melanjutkan pekerjaan. 

Oh ya, hindari tidur siang di atas jam 3 sore ya, karena tidur di jam tersebut akan menganggu waktu tidur malammu. 

Konsumsi kafein secukupnya

Untuk menghilangkan rasa kantuk, kamu bisa konsumsi kafein secukupnya yang bisa diperoleh dari kopi, atau teh. 

Takaran kafein yang aman untuk orang dewasa per hari adalah sebanyak 400 Miligram atau setara dengan 4 cangkir kopi. Namun perlu disesuaikan pula dengan kondisi kesehatan pribadi. Bila kamu memiliki masalah dengan jantung, ada baiknya mengurangi konsumsi kafein setengah dari takaran normalnya. 

Kafein yang terkandung dalam kopi atau teh dapat merangsang energi yang bersifat sementara pada sistem saraf pusat sehingga membuat kamu menjadi lebih terjaga saat mengonsumsinya. 

Konsumsi air putih

Salah satu penyebab munculnya rasa kantuk adalah dehidrasi. Kurangnya kandungan air dalam tubuh membuat dorongan untuk tidur lebih tinggi. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan konsumsi air putih di tengah-tengah aktivitas begadang kamu. 

Lakukan olahraga ringan

Lakukan pula olahraga ringan. Hal ini diperlukan agar aliran darah tetap berjalan dengan lancar. Saat berolahraga, otot dan otakpun akan bekerja lebih baik. 

Kamu bisa melakukan beberapa gerakan sederhana untuk usir kantuk seperti peregangan punggung dan pinggan, menggoyangkan badan ke kiri dan ke kanan.

Konsumsi vitamin

Setelah begadang, sebaiknya lengkapi pula kebutuhan vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. 

Vitamin yang bisa memenuhi kebutuahn tersebut adalah C, E, A, B dan D yang bisa kamu dapatkan dari buah dan sayuran. Secara khusus, vitamin D, kamu bisa mendapatkannya dengan berjemur di bawah matahari pagi. 


BERI KOMENTAR